Cara membuat taman di depan rumah sendiri adalah perkara mudah. Tinggal bagaimana kesiapan kamu mempraktikan berbagai cara yang akan kami tuliskan di bawah ini.

Dan setelah mempraktikannya dengan tepat, kamu akan melihat sebuah taman yang cantik di depan rumahmu. Taman yang indah dipenuhi bunga warna-warni, taman yang sejuk dengan semilir angin yang melambai-lambai, dan taman yang menggambarkan ketenangan dengan burung-burung bersangkar di dalamnya.

Tidak usah berlama-lama lagi, ini dia cara membuat taman di  depan rumah sendiri

Mencari Tahu Karakteristik Halaman Kamu

Sebelum memulai berbenah halaman. Pada awalnya, kamu diharuskan untuk mencari tahu terlebih dahulu segala hal yang berkaitan dengan karakteristik tanah kamu. Itu penting dilakukan ketika kamu akan membuat taman di depan rumah sendiri.

Kamu setidaknya harus mengetahui, apakah halaman tanah kamu subur? Apakah halaman kamu terkena sinar matahari? Berapa luas tanah kamu? Apakah ada hama atau ada tikus yang berkelliaran di depan rumahmu? Apakah halamanmu dekat dengan saluran air?

Pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti itu harus terlebih dulu kamu jawab sebelum kamu mulai membuat taman di depan rumah. Dan jawaban-jawabanmu itu akan menentukan seperti apa bentuk taman yang nantinya akan menghadirkan kecantikan di depan rumah kamu.

 

Mencari Tanaman Yang Cocok Dengan Karakteristik Halaman Kamu

Cara membuat taman depan rumah sendiri selanjutnya adalah menentukan jenis-jenis tanaman yang cocok dengan karakteristik halaman kamu.

Ketika halaman kamu kecil, mungkin kamu perlu memilih tanaman-tanaman yang berjenis kecil. Ketika halaman kamu besar, kamu bisa mengkombinasikan dua jenis tanaman tersebut.

Perlu diingat lagi, ketika tanah di halaman kamu subur, kamu bisa memilih tanaman yang langsung tanam tanpa pot, tapi ketika halaman kamu memiliki tanah yang kering, mungkin kamu membutuhkan pot dan tanah subur. Itu semua dilakukan agar tanaman kamu terjaga kecantikannya.

Baca juga :   Cara Belajar Buat Taman Minimalis

 

Cari Tetangga Yang Telah Berpengalaman Membuat Taman Sendiri

Jika kamu masih bingung menentukan karakterstik halaman kamu, dan bingung pula menentukan tanaman yang akan ditanam. Kamu mungkin bisa ngobrol atau bertanya-tanya ke tetangga kamu yang memiliki taman cantik , atau ke rekan kamu seorang ahli berkebun.

Dengan menanyakan ke ahlinya, kamu akan memiliki perencanaan bagus untuk memulai membuat tanaman yang akan dihinggapi burung-burung bernyayi.

 

Berbenah Halaman, Membersihkannya, dan Merapihkannya

Setelah kamu memiliki perencanaan yang matang, dan kamu sudah tahu bagaimana bentuk impian taman kamu, dan jenis tanaman yang akan kamu tanam. Mulailah berbenah membersihkan, dan merapihkan halaman.

Mulailah menyapu halamanmu jika halamanmu masih berserekan dengan sampah-sampah kering, atau daun-daun kering. Setelah menyapu, bersihkanlah lumut-lumut yang ada di dinding-dinding pagar rumahmu, dan jangan lupa untuk membersihkan  segala hal yang tidak diperlukan semisal barang-barang bekas atau barang-barang lainnya yang tergeletak begitu saja di halaman depan.

Dalam langkah ini kamu harus memastikan halamanmu bersih dan rapih sehingga akan mudah kamu melanjutkan ke tahapan berikutnya dalam membuat taman di depan rumah sendiri.

 

Mendekorasi Tanaman-Tanaman

Langkah selanjutnya,  ketika halaman kamu rapih dan bersih mulailah mendekorasi atau menempatkan berbagai tanaman yang telah kamu beli di tempat yang telah kamu rencanakan. Simpanlah tanaman-tanaman yang berbeda warna dalam satu tempat.

Tanaman merah, biru, kuning atau berbagai warna cerah lainnya akan menghadirkan bentuk taman yang indah. Warna mereka akan menghadirkan kenyamanan bagi yang melihatnya. Bunga yang mereka hadirkan akan menghadirkan ketenangan bagi yang melihatnya. Dan itu semua berpadu akan menghadirkan sebuah taman cantik di depan rumah sendiri yang kamu impikan.

Plagiarisme