Memiliki lahan sempit bukan petaka. Lahan sempit di depan rumah kamu atau di samping rumah kamu sebenarnya bisa dimanfaatkan berbagai hal. Salah satunya dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah taman.

Tapi, taman yang bisa dihadirkan di lahan sempit bukan taman yang seperti kamu lihat di pusat kota. Tapi taman yang bisa kamu hadirkan di lahan sempit rumah kamu adalah taman minimalis, sebuah taman sederhana yang hanya bermodalkan lahan sempit namun tetap bisa memancarkan keindahan yang sempurna.

Jika kamu tertarik, mencoba menghadirkan taman minimalis di lahan sempir rumah kamu, tulisan ini akan memaparkan bagaimana cara yang bisa kamu lakukan agar rumah kamu terisi dengan berbagai jenis tanaman yang beragam warna meski hanya di lahan sempit.

Ini dia beberapa cara membuat taman minimalis di lahan sempit:

Warna Hijau Sebagai Fokus Utama

Di lahan sempit yang kamu miliki itu, kamu bisa memberikan berbagai jenis tanaman warna hijau sebagai fokus utama. Agar rumahmu tampak sejuk dan nyaman untuk ditempati. Selain itu, rumahmu akan tampak asri dan terlihat menyatu dengan alam.

Apalagi, jika kamu hobi memelihara burung. Suara burung itu akan sepadu dengan area hijau dengan berbagai tanaman dan bunga yang merekah indah tersebut.

Caranya, kamu bisa menyimpan tanaman yang memiliki pot kecil. Simpan saja beberapa pot. Ingat, tanaman yang disimpan adalah tanaman yang memiliki bunga berstektur tipis, dan tidak terlalu tebal. Hal itu dilakukan agar menciptakan keharmonisan dengan lahan sempit yang kamu memilii.

Jika kamu salah memilih tanaman, dan malah memilih tanaman yang bertekstur tebal dan panjang. Hal tersebut akan menjadikan halaman kamu semerawut. Seperti jalanan di kota-kota besar.

 

Pot Besar, Dengan Beragam Tanaman

Cara membuat taman minimalis selanjutnya adalah menyediakan pot besar, atau pot panjang yang di dalamnya bisa diisikan dengan beragam jenis tanaman.

Baca juga :   Cara Belajar Buat Taman Minimalis

Cara kedua ini adalah variasi dari cara pertama. Di cara ini, lahan sempit yang ada di halaman rumah akan lebih menarik, karena bisa bisa diisi oleh berbagai tanaman beragam jenis dan beragam warna.

Maka dari itu lahan sempit yang kamu miliki akan berubah menjadi lahan yang penuh tanaman warna-warni yang menciptakan keindahan, dan keharmonisan.

 

Tanaman Rambat

Cara selanjutnya adalah menempatkan tanaman rambat di lahan sempit kamu itu. Tanaman ini adalah tanaman hijau yang merambat mengisi pagar atau dinding yang terlihat kotor atau sudah dekil.

Dengan tanaman ini, rumah kamu akan terlihat lebih bersih, dan terlihat lebih rapih. Dengan catatan, selalu menjaga tanaman rambat ini agar tidak menjalar kemana-mana.

 

Tanaman di Teras Atau Depan Pintu Masuk

Menempatkan tamanan di teras adalah cara lain untuk meminimalkan lahan sempit yang kamu memiliki menjadi sebuah taman minimalis.

Kamu bisa menempatkan beberapa tanaman kecil di sebuah pot lalu meletakannya dengan rapih di teras rumah atau di dekat pintu masuk.

Cara ini pun acap kali diterapkan di gedung institusi-intitusi pemerintahan.  Jika kamu berpergian ke dinas-dinas pemerintahan, kamu akan menemukan beberapa jenis tanaman yang bertengger kokoh di teras atau dekat pintu masuk.

 

Tanaman di Dinding

Jika lahan kamu sudah terisi semuanya, kamu bisa memanfaatkan dinding di halaman kamu atau pagar di halaman kamu menjadi tempat bernaung berbagai jenis tanaman.

Caranya mudah, kamu hanya perlu membuat atau membeli papan gantung yang bisa ditempati pot-pot berisikan tanaman.

Dengan itu, dinding kamu akan penuh oleh bunga-bunga yang merekah, dan ranting-ranting nan lentik yang menjalar kesana-kemari.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam menghadirkan taman minimalis di lahan sempit. Selamat mencoba!